Siapa Itu yang Ngebom?!!

Chuiiiiiing... Dduaaar!!!
Chuiiiiiing... Dduaaar!!!

"Siapa itu yang ngebom?!!"
"Astagfirullaah, itu siapa sih? Kok gak tau-tau itu nah!"

Kemarin malam, jelang lebaran, malam takbiran, hampir sekeliling rumah terasa banyak teroris.

Kembang api merajalela, suaranya menggeleggar, sampai-sampai terbayang betapa sabar yang hebat bagi saudara-saudara kita yang selain malam takbiran pun suara dentuman yang lebih dahsyat akrab di telinga mereka.

Mungkin memang tak ada dalil apapun yang melarang menyulut 'mesiu' kembang api, tapi sekiranya memaksa disamakan dengan jangan sampai menyakiti saudara kita, itu termasuk.


Kawanku yang mungkin hartanya sedang berlebih dibanding kami, silakan merayakan dan bergembira dengan apapun, dengan kembang api pun silakan, hanya saja alangkah baiknya jika tidak tepat di atas pemukiman padat warga. Di lapangan atau 'ruang' terbuka dan cukup lengang dari pemukiman, bukankah takkan mengurangi indahnya letusannya di udara?

Bagaimanapun, memang cukuplah menyenangkan jika tidak 'meledak di atas' kepala kami, betapapun indahnya warna-warninya.

Beneran deh, tanpa kembang api pun esoknya kan lebaran jua. Tanpa 'ngebom' pun, esoknya kan berHari Raya pula. smile emotikon

Yaaa, setidaknya bayangkan saja andai kata di atas rumah yang kau 'ledakkan' itu ada lansia, anak bayi, ataupun yang seusiamu sedang sakit-sakitan. Jangankan yang sakit, yang sehat seperti kami (insyaAllah) saja merasa sakit dada dan telinga seketika lantaran suara kembang api yang meluncur dengan santainya.

Menyenangkan diri dengan apa yang ada dan apa yang diada-adakan tak masalah, selama kau mampu memenuhinya.
Sekiranya jika kau ingin bahagia, janganlah sampai bahagia di atas cibiran orang lain, sungguh tak enak jika saat kau sedang menyenangkan hati, tapi orang lain juga sibuk mendoakan yang buruk atasmu lantaran kau tak merasa telah menyakiti mereka.

Jangan sampai 'beralibi' bahwa besok 'kan maaf-maafan, jadi sekarang senang-senangan. Allah mencinta hamba-Nya yang menyayangi sesamanya.

Semoga Hari Raya kita senantiasa menyenangkan dengan atau tanpa kembang api.

---Chuiiiiiing... Dduaaar!!!
Elleeeh.. squint emotikon

*salam damai, Kawan

GB-17 Juli 2015
1 Syawal 1436 H

Komentar

Exister